Welcome to Java Belovers

Rabu, 15 Mei 2013

Taman Pintar salah satu andalan Wisata Jogja

Taman Pintar salah satu andalan Wisata Jogja

Salah satu andalan wisata Jogja adalah wisata pendidikan yang ditujukan untuk pelajar dan anak – anak adalah Taman Pintar. Disebut "Taman Pintar", karena di kawasan ini nantinya para siswa, mulai pra sekolah sampai sekolah menengah bisa dengan leluasa memperdalam pemahaman soal materi-materi pelajaran yang telah diterima di sekolah dan sekaligus berekreasi.


Bangunan Taman Pintar ini dibangun di eks kawasan Shopping Center, dengan pertimbangan tetap adanya keterkaitan yang erat antara Taman Pintar dengan fungsi dan kegiatan bangunan yang ada di sekitarnya, seperti Taman Budaya, Benteng Vredeburg, Societiet Militer dan Gedung Agung.

Relokasi area mulai dilakukan pada tahun 2004 dan Grand Opening Taman Pintar dilaksanakan pada tanggal 16 Desember 2008 yang diresmikan oleh Presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono. Kini arena Taman Pintar Jogja memiliki area Playground, Gedung PAUD Barat dan PAUD Timur, Gedung Oval lantai I dan II serta Gedung Kotak pada lantai I, Gedung Kotak pada lantai II dan III, Tapak Presiden dan Gedung Memorabilia.

Pendekatan untuk menyampaikan ilmu pengetahuan eksakta dan teknologi dilakukan melalui berbagai media dengan tujuan meningkatkan apresiasi terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi. Secara garis besar materi isi Taman Pintar terbagi menurut kelompok usia dan penekanan materi.

Menurut kelompok usia terbagi atas usia tingkat pra sekolah hingga taman kanak – kanak dan sekolah dasar hingga sekolah menengah, sedangkan menurut penekanan materi diwujudkan dalam interaksi antara pengunjung dengan materi yang disampaikan melalui anjungan yang ada.

ARENA di TAMAN PINTARKategori Gedung Oval - Kotak
Menampilkan berbagai wahana dan peralatan peraga berbasis edukasi sains yang menyenangkan dan dapat diperagakan oleh pengunjung. Dapat diakses oleh semua lapisan pengunjung, anak usia sekolah, guru, akademisi dan sebagainya.

Kategori Gedung Memorabilia
Menampilkan peralatan peraga yang berbasis dari pengetahuan sejarah Indonesia, yakni sejarah Kesultanan dan Paku Alaman Yogyakarta, Tokoh-tokoh Pendidikan, dan Tokoh-tokoh Presiden RI, dari presiden yang pertama hingga saat ini.

Kategori Gedung PAUD Barat
Menyediakan peralatan peraga dan permainan edukasi bagi anak-anak, khususnya usia 2 - 7 tahun.

Kategori Gedung PAUD Timur
Menyediakan peralatan peraga dan permainan edukasi bagi anak-anak, khususnya usia 2 - 7 tahun.

Zona Teknologi Otomotif Roda Dua

Zona ini merupakan fasilitas dari Taman Pintar yang terbaru, dimaksudkan agar masyarakat mendapatkan edukasi tentang teknologi sepeda motor yang ramah lingkungan dan sosialisasi kegiatan safety riding.

Layanan Taman Pintar :
Selasa – Minggu : Pukul 09.00 - 16.00
Hari Senin : Layanan Tutup

Harga Tiket Masuk :
Gedung Oval & Kotak
Anak : Rp 5.000
Dewasa : Rp 10.00

Gedung Memorabilia
Anak : Rp 1.000
Dewasa : Rp 2.000

Gedung PAUD
Khusus untuk anak - anak (2-7th) Rp 1.000

Untuk mengunjungi Taman Pintar Jogja
yang merupakan andalan wisata Jogja, anda dapat berkunjung melalui layanan Taxi Motor atau layanan wisata dari TRANSMOJO dengan menghubungi call centre kami di 0818277129 atau 0274-3.000.434. Namun jika anda menggunakan kendaraan pribadi, anda dapat menuju ke arah Malioboro atau Keraton Jogja. 
 

Tidak ada komentar: